Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID)

Rabu (10/10/2018), Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Grobogan bersama Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah mengadakan pelatihan Sistem Informasi Desa dalam hal ini optimalisasi website desa di Gedung Pertemuan Setda Kab. Grobogan. Pada kegiatan pelatihan ini, hampir seluruh desa di Kab. Grobogan yaitu sebanyak 201 desa sudah menggunakan domain desa.id untuk website desanya.

Pelatihan Sistem Informasi Desa ( SID ) di Gedung Setda Kabupaten Grobogan yang dipimpin oleh Sumitro Aji Prabowo dari Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang diadakan oleh Dinas Permasdes Kabupaten Grobogan di GedungĀ  SKB.

“Desa diharapkan mampu menginformasikan informasi apa saja yang ada di desanya, serta mengelola website desanya sebagai instansi publik”. Ujar Wahyuningrum

Acara ini dimulai pada pukul 09.30 WIB, diawali pengarahan dari Wahyuningrum selaku Kasie Pengelola Aplikasi Informasi Kabupaten Grobogan. Selanjutnya masuk keacara pelatihan optimalisasi pengolahan website desa yang diisi oleh Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah.

SID merupakan sistem informasi yang ditetapkan di Tingkat Desa, dikembangkan oleh Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Kabupaten dan terintegrasi melalui sistem informasi yang ada di tingkat daerah dan kabupaten. Sedangkan data desa merupakan aspek penting dalam perencanaan, perumusan kebijakan, program, dan pengukuran capaian kinerja Pembangunan Desa serta percepatan penanggulangan kemiskinan di Daerah.

Oleh sebab itu guna mensinergikan Data Desa sebagaimana dimaksud diatas, maka perlu pedoman pengembangan Sistem Informasi Desa dan penyelenggaraan Forum data. Adalah merupakan kewajiban Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan untuk memfasilitasi proses pengembangan aplikasi kepada seluruh desa, dengan mengadakan pelatihan bagi Perangkat Desa atau Operator SID.

Adapun Maksud dan tujuan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa ini adalah untuk :

  • Meningkatkan kwalitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan desa dan kawasan;
  • Mengefektifkan kwalitas pelayanan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan;
  • Mengukur dan memberikan penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian stategi pembangunan di desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa;
  • Sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan kawasan pedesaan.