Pemasangan Baliho untuk Mengingatkan Warga Akan Hak Pilihnya di Pilkades 2018

Pemasangan baliho oleh Panitia Pilkades 2018

Untuk mengingatkan warga kembali, akan Keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa Sedayu Kecamatan Grobogan Nomor 03/PAN/IX/2018 tanggal 08 oktober 2018 tentang Penetapan Bakal Calon Kepala Desa menjadi Calon Kepala Desa pada Pemilihan Kepala Desa Sedayu Kecamatan Grobogan. Yang mana panitia telah mengumumkan 2 Calon Kepala Desa yaitu, SARIYUN dan SUPARIJO. Panitia pilkades sedayu, Selasa (23/10) memasang baliho yang berisi 2 calon kepala desa dipertigaan/perempatan jalan, dimana tempat itu mudah dilihat dan dibaca oleh warga sekitar, untuk menggunakan hak suaranya di Pelaksanaan Pilkades pada tanggal 22 NOvember 2018.

Dengan adanya kegiatan itu masyarakat pun juga punya banyak kesempatan untuk bertanya lebih jelas kepada panitia tentang pelaksanaan pilkades. Karna masih ada juga warga yang masih bingung berapa dan siapa saja calon yang sudah ditetapkan oleh panitia.

 

 

 

Santi Aji Desa Sedayu

Rabu (17/10) Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Panitia Pilkades Desa Sedayu telah menyelengarakan Santi Aji atau Pembekalan Panitia Pilkades Desa Sedayu Tahun 2018 yang bertempat di Balai Desa Sedayu. Kegiatan ini dihadiri para panitia Pilkades, Camat Grobogan beserta rombongan, Polres dan juga dari Koramil Kecamatan Grobogan.

Pelaksanaan Santi Aji di Desa Sedayu Kecamatan Grobogan.

Dalam santi aji pilkades ini  banyak hal yang perlu dipahami  oleh para panitia pilkades mengenai regulasi dan teknis yang nantinya para panitia akan melaksanakan tahapan-tahapan dalam pilkades, yang jadwalnya sudah tersedia sesuai surat edaran Bupati Grobogan Tanggal 5 juni 2018 Nomor 141/2264/II. Dan diharapkan pelaksanaan pilkades nanti dapat berjalan lancar, damai, konduktif.

 

 

 

Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID)

Rabu (10/10/2018), Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Grobogan bersama Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah mengadakan pelatihan Sistem Informasi Desa dalam hal ini optimalisasi website desa di Gedung Pertemuan Setda Kab. Grobogan. Pada kegiatan pelatihan ini, hampir seluruh desa di Kab. Grobogan yaitu sebanyak 201 desa sudah menggunakan domain desa.id untuk website desanya.

Pelatihan Sistem Informasi Desa ( SID ) di Gedung Setda Kabupaten Grobogan yang dipimpin oleh Sumitro Aji Prabowo dari Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang diadakan oleh Dinas Permasdes Kabupaten Grobogan di Gedung  SKB.

“Desa diharapkan mampu menginformasikan informasi apa saja yang ada di desanya, serta mengelola website desanya sebagai instansi publik”. Ujar Wahyuningrum

Acara ini dimulai pada pukul 09.30 WIB, diawali pengarahan dari Wahyuningrum selaku Kasie Pengelola Aplikasi Informasi Kabupaten Grobogan. Selanjutnya masuk keacara pelatihan optimalisasi pengolahan website desa yang diisi oleh Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah.

SID merupakan sistem informasi yang ditetapkan di Tingkat Desa, dikembangkan oleh Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Kabupaten dan terintegrasi melalui sistem informasi yang ada di tingkat daerah dan kabupaten. Sedangkan data desa merupakan aspek penting dalam perencanaan, perumusan kebijakan, program, dan pengukuran capaian kinerja Pembangunan Desa serta percepatan penanggulangan kemiskinan di Daerah.

Oleh sebab itu guna mensinergikan Data Desa sebagaimana dimaksud diatas, maka perlu pedoman pengembangan Sistem Informasi Desa dan penyelenggaraan Forum data. Adalah merupakan kewajiban Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan untuk memfasilitasi proses pengembangan aplikasi kepada seluruh desa, dengan mengadakan pelatihan bagi Perangkat Desa atau Operator SID.

Adapun Maksud dan tujuan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa ini adalah untuk :

  • Meningkatkan kwalitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan desa dan kawasan;
  • Mengefektifkan kwalitas pelayanan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan;
  • Mengukur dan memberikan penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian stategi pembangunan di desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa;
  • Sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan kawasan pedesaan.